Bingung Membuat Menu Buka Puasa di Tanggal Tua? Ini 9 Menu yang Bisa Jadi Solusinya!

Banyak orang yang khilaf ketika berbuka puasa. Di awal bulan Ramadan kebanyakan orang akan menghabiskan banyak uang untuk membeli makanan untuk berbuka. Sayangnya kondisi ini tidak bisa kamu lakukan secara terus-menerus, apalagi di tanggal tua dan belum gajian, THR pun belum cair. Agar kamu tetap bisa menikmati buka puasa dengan perut kenyang, berikut beberapa menu buka puasa yang pas dinikmati di tanggal tua. Penasaran?

Telur dadar

Menu telur menjadi makanan murah meriah saat buka puasa. Kamu hanya perlu menyiapkan nasi putih dan telur dadar, bisa menjadi makanan yang cukup nikmat disantap saat berbuka.  Jika kamu bosan dengan menu telur dadar atau ceplok, kamu juga bisa mencoba olahan telur dadar padang dengan menambahkan bahan lain, seperti daun bawang, tepung terigu, hingga kelapa parut.  Hanya dengan sekali memasaknya, olahan ini bisa menjadi lauk untuk beberapa porsi. Hemat bukan?

Mie Instan

Mie instan juga bisa menjadi makanan buka puasa hemat yang bisa kamu pilih. Kamu bisa memilih, apakah ingin menu mie instan goreng atau rebus. Jika ada telur, kamu bisa tambahkan telur dicampur saat memasak mie instan. Termasuk bila ada sayuran seperti sawi atau kol, tentu membuat rasa mie instan akan semakin menggugah selera.

Selain menyeduh mie instan, kamu juga bisa membuat omelet mie dengan cara merebus mie, kemudian mencampurkannya dengan telur, kemudian di goreng. Akan semakin nikmat jika kamu tambahkan saus sambal.

Telur bacem

Jika kamu lebih suka rasa manis, telur juga bisa diolah dengan cara dibacem. Pastikan bumbu meresap dengan baik ke dalam telur agar lebih enak. Selain telur bacem, kamu juga bisa menambahkan tahu dan tempe agar menu bacem lebih bervariasi dan tetap hemat. Olahan ini akan sangat cocok untuk menu berbuka di tanggal tua, bukan?

Terong Balado

Terong balado juga sangat cocok menemani buka puasa kamu, apalagi jika kamu menyukai masakan pedas. Terong balado juga menjadi menu yang mengenyangkan saat berbuka puasa. Harga bahan pembuatannya cukup murah dan mudah didapat di pasar tradisional atau pedagang sayur dekat rumah.

Bakwan Jagung

Bakwan jagung menjadi menu olahan dari jagung yang rasanya gurih dan agak manis. Jenis gorengan ini jarang kamu temui di pedagang gorengan dan bisa jadi alternatif jika kamu bosan dengan menu gorengan bakwan atau tahu isi. Dadar jagung bisa dijadikan menu pendamping atau camilan takjil.

Baca Juga: 5 Menu Sahur Hemat & Bergizi yang Cocok Menemani di Tanggal Tua

Bihun Goreng

Sama seperti mie instan, bihun goreng juga menjadi menu buka puasa yang mudah dibuat. Kamu bisa menyetok bihun untuk diolah menjadi makanan praktis untuk berbuka puasa. Jika ingin ditambah isian atau topping, bihun goreng bisa kamu tambahkan dengan menggunakan potongan telur dadar dan sayuran seperti sawi. Bihun makanan mengenyangkan karena mengandung karbohidrat dan cocok untuk berbuka puasa.

Sayur asem

Jika kamu penyuka masakan berkuah, kamu bisa memasak sayur asem. Paket sayur asem yang dibungkus plastik oleh pedagang sayur di sekitar rumah bisa kamu manfaatkan untuk berhemat. Jangan lupa buat sambal dan ikan asin goreng sebagai menu pendamping. Dijamin satu rumah bisa kenyang dengan hidangan ekonomis ini.

Pecel Sayur

Membuat pecel sayur di saat harga minyak goreng mahal juga sering menjadi pilihan untuk menu berbuka puasa. Cukup direbus sebentar, sayuran yang disirami sambal kacang ini akan jadi menu berbuka yang hemat tetapi tetap lezat dan mengenyangkan.

Itulah beberapa menu buka puasa tanggal tua yang bisa jadi alternatif dan pilihan bagi kamu yang belum gajian dan THR belum cair. Jika kamu tidak memiliki biaya untuk buka puasa sama sekali, pastikan untuk tidak berutang dan manfaatkan aplikasi KINI.id.

Dengan aplikasi KINI.id, kamu sekarang bisa bayar pakai QRIS menggunakan gajimu bulan depan, sehingga tidak perlu menunggu gajian. Kamu pun bisa mengakses gaji secara fleksibel sesuai dengan kebutuhanmu.