Tips Belanja Bijak di Akhir Tahun Agar Kamu Tidak Tekor!

Selain identik dengan liburan, akhir tahun juga identik dengan diskon yang sangat menggoda. Di mana, di momen ini kamu akan menemukan banyak promo dari beberapa produk berkualitas. Namun, pastikan kamu belanja dengan bijak dan jangan sampai kamu keasyikan berbelanja dan membuat kamu menjadi impulsif. Karena hal ini akan membuatmu tekor dan kehabisan dana yang seharusnya digunakan untuk kebutuhan lainnya. Nah, agar tidak impulsif ketika belanja di akhir tahun, di bawah ini adalah beberapa tips belanja bijak ketika diskon akhir tahun.

Kumpulkan Semua Info Diskon dan Promo

Bagi kamu yang tidak ingin terlewat untuk belanja di akhir tahun, maka kamu perlu bekerja keras untuk mengumpulkan semua info mengenai promo dan diskon yang ada. Cek semua toko online atau marketplace tempat kamu biasa berbelanja untuk memanfaatkan promo online di akhir tahun. Sedangkan, bagi kamu yang ingin berbelanja offline, ketika pergi ke mall cek juga berbagai penawaran diskon terbarunya.

Sortir Semua Info Diskon yang Didapat

Setelah kamu mengumpulkan seluruh informasi mengenai promo dan diskon, hal selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah memilih beberapa promo yang kamu butuhkan dan sesuai dengan kebutuhan. Sortir seluruh sumber diskon yang kamu miliki. Jika ada yang menawarkan barang yang sama, misalnya dari dua marketplace yang berbeda, cobalah pilih yang menawarkan diskon paling besar. Perlu diingat lagi, kamu harus berbelanja sesuai kebutuhan meskipun sedang ada promo besar di akhir tahun.

Buat Anggaran Belanja

Hal selanjutnya yang harus kamu lakukan dan perhatikan adalah mengecek kembali anggaran keuangan yang kamu miliki. Ada berapa banyak yang bisa kamu alokasikan untuk kebutuhan belanja akhir tahun. Jika kamu terbiasa membuat anggaran belanja bulanan, maka kamu pasti memiliki pos khusus untuk kebutuhan belanja. Nah, untuk belanja akhir tahun ini, kamu bisa menyesuaikannya kembali. Cobalah tetapkan nominal khusus untuk kebutuhan belanja akhir tahun.

Sesuaikan dengan Diskon yang Sudah Dipilih

Nah, hal terakhir yang harus kamu lakukan sebelum membeli barang promo di akhir tahun adalah menyesuaikannya kembali barang yang ingin kamu beli dengan budget atau anggaran uang kamu miliki. Selama masih dalam anggaran yang dibuat, menikmati semua diskon yang sudah kita kumpulkan bukan lagi masalah. Belanja pun tidak khawatir kehabisan uang di pertengahan bulan, sehingga belanja pun masih bisa tetap senang. 

Itulah beberapa tips belanja bijak di akhir tahun yang bisa kamu terapkan agar tidak impulsif dalam membeli barang promo. Nah, biasanya promo akhir tahun ini akan mulai berlangsung sejak Hari Belanja Nasional, yaitu setiap tanggal 12 Desember. Nah, tanggal-tanggal inilah yang sering dikeluhkan banyak karyawan gaji mereka sudah sering habis.

Untuk kamu yang ingin belanja di akhir tahun dengan memanfaatkan banyak promonya, namun tidak memiliki anggaran untuk belanja, maka kamu bisa memanfaatkan aplikasi KINI.id. Dengan aplikasi KINI.id, kamu bisa mencairkan gaji di awal tanpa harus menunggu tanggal gajian. Sehingga, kamu masih bisa memanfaatkan promo diskon akhir tahun. Yuk manfaatkan aplikasinya sekarang!