5 Cara Menghindari Utang yang Bisa Diterapkan Sehari-Hari

Tidak ada orang yang ingin memiliki utang meski dengan jumlah yang kecil. Namun, kebutuhan yang besar sering menjadi alasan untuk berutang. Apalagi jika pendapatan yang dimiliki tidak bisa memenuhi kebutuhan tersebut. Biasanya, kebutuhan yang sering menyebabkan seseorang berutang bukanlah kebutuhan primer dan sekunder, melainkan kebutuhan tersier seperti membeli gadget baru, membeli baju baru, dan sebagainya.

Tentunya, kebutuhan ini bisa menjadi kebutuhan yang mendukung aktivitas dan pekerjaan, namun ada juga yang digunakan hanya untuk gaya hidup. Nah, agar kamu terhindar dari utang, di bawah ini adalah beberapa cara menghindari utang yang bisa kamu terapkan dalam hidup. 

Sesuaikan Penghasilan dan Pengeluaran Setiap Bulan

Untuk mempermudah kamu menyesuaikan penghasilan dan pengeluaran, kamu bisa coba membuat catatan terkait kedua hal tersebut. Catat seluruh beban yang kamu keluarkan setiap bulannya seperti, membeli bahan makanan, transportasi, tempat tinggal, utilitas, biaya hiburan, dan sebagainya.

Perhatikan juga apakah ada pengeluaran yang tidak perlu dan bisa dikurangi? Pastikan juga jumlah pengeluaran tidak lebih banyak dari penghasilan yang didapatkan.

Buat Anggaran Setiap Bulannya

Agar pengeluaran tidak lebih besar dari pendapatan, maka kamu bisa coba membuat anggaran yang akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan pokok dan sekunder, serta dana lain yang akan disimpan. Lakukanlah hal ini secara rutin setiap bulannya agar keuanganmu lebih terkontrol, sehingga nantinya kamu bisa menabung dan mengumpulkan uang untuk memenuhi kebutuhan tersier.

Ketika masalah ditemukan pada pengeluaran, kamu bisa coba memperbaiki kebiasaan berbelanja dan belajar untuk berhemat di kemudian hari. Namun, jika kamu sudah membatasi pengeluaran dan masih terdapat masalah, maka kamu perlu meningkatkan jumlah penghasilan yang didapatkan setiap bulan.

Beli Sesuatu di Waktu yang Tepat

Untuk mendapatkan produk yang kamu inginkan tanpa berutang adalah bersabar dan membeli barang tersebut di waktu yang tepat. Cobalah mulai menabung sedikit demi sedikit untuk membeli barang yang kamu inginkan. Jika dana yang kamu miliki sudah cukup untuk membelinya, kamu juga bisa menunggu waktu yang tepat, misalnya saja ketika ada diskon seperti membeli barang saat Harbolnas. Sehingga, kamu bisa tetap hemat dan juga barang yang kamu inginkan terbeli.

Hentikan Kebiasaan Belanja yang Berlebihan

Banyak orang yang tidak tahan melihat banyaknya promo yang ditawarkan, misalnya saja promo e-commerce yang biasanya bisa didapatkan di tanggal gajian. Hal inilah yang sering jadi alasan uang gajian habis di tengah bulan dan membuat mereka berutang.

Jadi, untuk menghindari berutang, pastikan kamu menahan keinginan tersebut dan hindari untuk menggunakan beberapa fitur pembayaran dengan sistem utang yang ditawarkan beberapa perusahaan e-commerce seperti menggunakan kartu kredit, paylater, dan sebagainya. 

Persiapkan Dana Darurat

Banyak orang yang terpaksa berutang ketika mereka membutuhkan dana darurat, seperti untuk memperbaiki rumah yang rusak akibat musibah, biaya rumah sakit, biaya pendidikan yang mendadak, dan sebagainya.

Untuk itu penting bagi kamu mempersiapkan dana darurat yang bisa kamu gunakan ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari. Dengan memiliki dana darurat, kamu tidak perlu berutang untuk memenuhi kebutuhan daruratmu.

Namun, bagi kamu yang belum memiliki dana darurat dan baru ingin mempersiapkannya, cara menghindari utang yang bisa kamu lakukan demi tetap memenuhi kebutuhan darurat adalah dengan memanfaatkan aplikasi Kini.id.

Dengan aplikasi Kini.id, kamu bisa mendapatkan gaji di muka sesuai hari kerja yang sudah kamu lalui. Sehingga, kamu tidak perlu berutang ketika membutuhkan dana darurat di pertengahan bulan ataupun sebelum tanggal gajian. Karena kamu bisa mencairkan pembayaran gaji lebih cepat tanpa perlu menunggu tanggal gajian. Jadi tunggu apalagi? Daftarkan perusahaan kamu dan diri kamu dengan aplikasi Kini.id.