7 Tips Produktif untuk Kembali Bekerja Setelah Libur Lebaran

Tidak terasa libur lebaran sudah selesai dan saatnya kembali ke rutinitas biasa. Nah di awal-awal masuk kerja setelah liburan biasanya sering membuat kamu merasa sulit kembali fokus pada aktivitas biasanya, sehingga produktivitas dapat menurun. Terkadang untuk mengembalikan produktivitas kerja, kamu perlu merencanakan hal-hal baru untuk diaplikasikan setelah libur Lebaran usai. Agar kamu tetap semangat, berikut beberapa tips produktif untuk kembali bekerja setelah liburan usai.

Istirahat Sebelum Mulai Hari Kerja

Momen lebaran sering dijadikan waktu untuk menghabiskan liburan bersama keluarga. Hal ini tentu memiliki banyak manfaat seperti mengurangi stres, memperpanjang usia, mengurangi gangguan pada otak, hingga memiliki kesehatan tubuh yang optimal.

Momen ini juga sering digunakan untuk bersantai dan melupakan sejenak pekerjaan sehari-hari yang tentunya membuat kamu merasa lelah atau stres. Sayangnya, terlalu lama libur juga membuat seseorang kesulitan untuk mengembalikan produktivitasnya.

Oleh karena itu, sebelum memulai aktivitas kembali, cobalh untuk penuhi kebutuhan istirahat menjelang kembali untuk bekerja. Dengan begitu, kamu bisa istirahat agar fit ketika kembali bekerja. 

Buat To Do List

Ketika baru kembali bekerja setelah liburan selesai, biasanya banyak karyawan yang merasa bingung mengenai apa yang harus dikerjakan dan mulai dari mana. Agar ini tidak terjadi di kamu, cobalah membuat jadwal pekerjaan yang harus diselesaikan pada hari pertama kembali bekerja. 

Hari pertama bekerja setelah menjalankan masa libur memang cukup berat, namun dengan membuat jadwal pekerjaan, kamu bisa terbiasa dengan rutinitas harian yang harus dikerjakan sehingga produktivitas bisa kembali normal. 

Dengarkan Musik Favorit 

Mendengarkan musik favorit juga bisa menjadi salah satu cara mengembalikan produktivitas kerja setelah liburan. Mood bisa lebih positif sehingga bekerja jadi lebih semangat.  Jadi, tidak ada salahnya untuk memulai hari kerja dengan mendengarkan musik favoritmu agar produktivitas kerja dapat kembali normal.

Ciptakan Ruang Kerja yang Nyaman 

Di hari pertama kerja setelah liburan usai, cobalah untuk membersihkan atau membereskan meja kerja yang selama ini ditinggal. Meja kerja yang rapi akan memengaruhi produktivitas kerja sehingga pastikan meja kerjamu rapi agar kamu pun nyaman bekerja. Sedangkan bagi kamu yang WFH, tidak ada salahnya juga membuat ambiance di ruang kerjamu lebih positif dan produktif. Jauhkan hal-hal yang bikin konsentrasi terganggu.

Tidur Lebih Cepat

Ketika libur datang biasanya jadwal tidur malam akan berantakan. Kamu akan lebih sering begadang dan menghabiskan waktu malam dengan mengobrol, menonton, atau malah masih mengunjungi keluarga dan teman-teman dekat. Menjelang waktu masuk kerja, hal ini tentu perlu kamu tinggalkan. Kamu harus tidur lebih cepat agar bangun pagi dan kembali bekerja seperti biasa.

Kembali Aktif Berolahraga

Jika liburan membuatmu mengabaikan jadwal olahraga, maka saatnya kembali aktif secara fisik. Tubuh yang bugar dapat mengembalikan semangat dan produktivitas bekerja setelah liburan. Ini menjadi bagian penting dilakukan agar kamu juga tetap bisa fit dan tidak terhalang saat melakukan aktivitas.

Baca Juga: Pentingnya Memberikan Fasilitas Olahraga untuk Tingkatkan Produktivitas Karyawan

Mulailah Bekerja

Rasa malas dan bosan bisa dihindari dengan memulai pekerjaan. Jadi jangan pernah menunda pekerjaan yang ada dan mulailah pekerjaan kamu dari yang paling mudah untuk dikerjakan. Setelah produktivitas kembali normal, kamu bisa memulai mengerjakan pekerjaan yang lain.  Hindari melakukan berbagai pekerjaan dalam waktu bersamaan karena dianggap menurunkan kualitas pekerjaan.

Itulah beberapa tips produktif yang bisa kamu terapkan setelah libur lebaran. Agar kamu tetap produktif, pastikan juga kamu tidak terlilit masalah keuangan. Pasalnya masalah keuangan juga bisa menjadi faktor turunnya produktivitas.

Jika kamu kehabisan uang setelah libur lebaran, kamu bisa memanfaatkan aplikasi KINI.id. Dengan aplikasi KINI.id, kamu bisa mengakses gaji secara fleksibel, kapan pun dan di mana pun sesuai dengan jumlah yang kamu butuhkan. Jadi pastikan untuk memanfaatkan KINI.id ketika kamu membutuhkan dana darurat sebelum gajian tiba.