Sebagai seorang marketing tentu kamu sudah tidak asing lagi bukan dengan jadwal meeting bersama klien. Jika pada masa PPKM dulu, mungkin intensitas kamu bertemu meeting dengan klien sangat terbatas. Namun, saat ini kebiasaan ini kembali kamu rasakan. Bertemu dengan klien menjadi salah satu tugas yang tidak bisa dihindari. Dalam kegiatan ini, kamu harus bisa menerapkan tips meeting yang menarik perhatian klien demi kesuksesan dan keberhasilan meeting yang nantinya akan memengaruhi perkembangan bisnis menjadi lebih baik.

Baca Juga: Tugas Marketing & Tanggung Jawabnya dalam Perkembangan Perusahaan

Agar sukses dalam meeting, di bawah ini adalah beberapa tips meeting dengan klien atau calon klien yang bisa kamu lakukan.

Datang Tepat Waktu

Tips pertama yang wajib kamu lakukan ketika meeting dengan klien maupun calon klien adalah datang tepat waktu. Ini menjadi hal penting yang wajib kamu lakukan untuk menunjukkan seberapa besarnya kamu menghargai waktu. Dengan begitu, klien atau calon klien akan lebih percaya bahwa kamu dan perusahaan bisa mengerjakan dan menyelesaikan suatu proyek dengan tepat waktu.

Berikan Kesan Baik

Dalam meeting, pasti terkadang kamu merasa gugup dan cemas, biasanya hal ini terjadi karena kamu kurang percaya diri. Apalagi jika meeting tersebut merupakan meeting pertama kamu dengan klien tersebut.

Untuk memberikan kesan yang baik, cobalah untuk lebih percaya diri dan tunjukan kemampuanmu secara maksimal. Mulailah berpikir positif, kuasai materi presentasi, dan cobalah berpenampilan yang rapi dan sopan selama meeting.

Buat Materi Presentasi dengan Baik

Sebelum meeting, biasanya kamu harus menyiapkan materi dalam bentuk powerpoint yang nantinya akan dipresentasikan ke klien. Baik dalam bentuk proposal maupun perkenalan perusahaan.

Dalam membuat materi, cobalah masukkan data yang singkat, jelas, padat, dan mudah dipahami klien. Kamu juga bisa menambahkan image atau ilustrasi yang memudahkan kamu dalam menjelaskan materi ke klien.

Tunjukan Kemampuan

Setelah menyiapkan materi, kamu bisa menunjukkan kemampuan kamu dengan menguasai materi yang ingin disampaikan. Pelajari semua materi yang ada untuk menjelaskan semua secara detail, sehingga kamu bisa menjawab semua pertanyaan dari klien. Dengan begitu, klien akan lebih percaya bahwa kamu bisa menjalankan suatu proyek dengan benar.

Berikan Kesempatan pada Klien

Meskipun tujuan meeting adalah untuk mempresentasikan suatu proyek yang kamu buat, namun kamu juga harus memberikan kesempatan kepada klien untuk menanyakan sesuatu atau memberikan feedback untuk kepentingan proyek.

Dengan mempersilakan klien bertanya, mereka akan merasa lebih dihargai. Sehingga, pastikan kamu melakukan komunikasi dua arah saat melakukan meeting dengan klien ataupun rekan kerja lainnya.

Tanyakan Kejelasan

Setelah meeting selesai, kamu bisa mencoba melakukan konfirmasi atau follow up akan kejelasan meeting tersebut. Kamu bisa coba mengajak klien makan siang di luar atau lakukan kegiatan rutin sebulan sekali untuk mempererat hubungan. Dengan begitu, klien akan bertahan lama dengan perusahaan. Bukan hanya itu, hubungan yang baik juga akan mendatangkan calon klien ke perusahaan.

Bagi kamu yang ingin mengajak klien makan siang di luar demi menanyakan kejelasan, tapi tidak ada dana cadangan untuk biaya tersebut, kamu bisa coba memanfaatkan aplikasi KINI.id. Dengan aplikasi KINI.id, kamu bisa mengakses gaji kapan saja sesuai dengan jumlah yang kamu butuhkan. Untuk nantinya bisa kamu lakukan reimbursement di akhir bulan ke perusahaan sebagai biaya entertain klien.

Dengan begitu, kamu tidak perlu mengeluarkan dana pribadi ataupun mengambil tabungan hanya untuk memenuhi entertaining klien di tengah bulan. Jadi, pastikan kamu memanfaatkan aplikasi KINI.id.