Turnover Karyawan Tinggi? Buat Program Retaining Karyawan untuk Kurangi Turnover

Retensi Karyawan (Employee Retention) adalah salah satu keharusan perusahaan dalam mempertahankan karyawan terbaiknya. Di mana, retensi karyawan menjadi salah satu strategi perusahaan mempertahankan karyawan agar tetap loyal kepada perusahaan. Dengan strategi retensi karyawan yang tepat, maka perusahaan bisa mengurangi turnover karyawan. Namun, jika perusahaan gagal menerapkan program ini, maka kinerja karyawan akan menurun dan berdampak buruk pada produktivitas perusahaan. Nah, lalu bagaimana cara melakukan retaining karyawan? Apa yang harus dilakukan perusahaan?

Berikan kesempatan mengembangkan diri

Salah satu faktor yang menyebabkan karyawan resign adalah tidak adanya kesempatan mengembangkan diri dan mengembangkan karirnya di dalam perusahaan tersebut. Oleh karena itu, penting bagi perusahaan untuk memberikan kesempatan untuk karyawan mengembangkan diri sebagai salah satu program retensi karyawan.

Jika karyawan diberikan kesempatan untuk mengembangkan dirinya, maka ini tidak hanya menguntungkan karyawan tersebut, melainkan akan meningkatkan produktivitas perusahaan. Dengan adanya kesempatan ini, maka karyawan pun akan merasa bahwa keberadaannya dibutuhkan dan diterima perusahaan, sehingga mereka pun akan memberikan kinerja terbaiknya dan menjadi lebih loyal terhadap perusahaan.

Buat Lingkungan Kerja yang Nyaman

Lingkungan kerja menjadi faktor kedua yang membuat karyawan nyaman dan membantu meningkatkan retensi karyawan. Hal ini karena, setiap harinya karyawan menghabiskan banyak waktu di kantor. 

Lingkungan yang baik bukan hanya ruang kerja yang nyaman, tapi juga adanya  relasi yang baik antara karyawan dan atasan serta antar sesama karyawan. Hubungan dengan sesama rekan atau atasan berperan penting bagi kenyamanan karyawan. 

Oleh karena itu, pastikan kamu membuat ruang kerja menjadi nyaman dengan memenuhi beberapa persyaratan seperti kantor yang bersih, terang, dan memiliki ventilasi cukup. Selain itu, pastikan juga hubungan karyawan dan atasan, serta antar sesama karyawan terjalin dengan baik

Berikan Dukungan ke Karyawan

Karyawan merupakan aset berharga perusahaan yang perlu dikelola dengan baik, salah satunya dengan memberikan motivasi dan dukungan. Jika kamu merupakan pimpinan di perusahaan, maka dukunganmu sangat berpengaruh terhadap kinerja karyawan.

Jangan sampai karyawan kamu merasa tertekan dengan pekerjaan yang diberikan? Meski mereka memiliki banyak tanggung jawab dan pekerjaan, mereka tidak akan merasa tertekan jika kamu memberikan support  dengan mengatakan hal-hal positif yang dapat meningkatkan semangat saat bekerja.

Berikan Tantangan dalam Pekerjaan

Jangan pernah biarkan karyawan kamu mengerjakan pekerjaan yang sama secara terus menerus. Hal ini bisa menyebabkan karyawan menjadi terlalu nyaman dan tidak akan berkembang. Kamu bisa coba memberikan tugas baru yang bisa menjadi tantangan baru bagi karyawan. Kamu perlu memahami karyawan itu sendiri dan berikan tugas sesuai passion mereka. Misalnya, kamu bisa memberikan  memberikan tugas atau hal-hal baru yang lebih menantang atau berbeda dari pekerjaan sebelumnya.

Hal ini berguna untuk  membekalinya dalam pekerjaan, selain itu tugas baru yang lebih menantang bisa membantu karyawan untuk semakin mendapatkan pengetahuan terhadap pekerjaannya. Namun, sebelum memberi tugas baru ini pastikan kamu telah memberi informasi ke mereka dan pastikan juga mereka telah menyetujui tugas yang akan kamu berikan.

Berikan Apresiasi & Kompensasi

Setelah bekerja dengan maksimal, tentu karyawan juga membutuhkan penghargaan. Bukan hanya dalam bentuk materi, tapi juga dalam bentuk apresiasi seperti memberikan pujian dan pengakuan atas kinerja karyawan yang memuaskan dengan berbagai cara.

Misalnya, dengan mengucapkan terima kasih, memasang profil karyawan berprestasi di perusahaan, hingga memberinya reward berupa bonus atau hadiah. Apapun itu, membiasakan memuji kinerja karyawan merupakan cara ampuh untuk memupuk loyalitas karyawan.

Dengan adanya apresiasi ini, kamu bisa membantu karyawan tersebut terus berprestasi dan meningkatkan kinerjanya dalam bekerja. Mereka akan merasa bangga ketika perusahaan memberikan ucapan atau bentuk perlakuan apresiasi. Kebiasaan inilah yang akan berujung pada peningkatan performa dari perusahaan sendiri.

Itulah beberapa tips mengurangi turnover karyawan dengan program retensi karyawan. Perusahaan juga bisa memberikan program retensi dengan memberikan benefit pembayaran gaji di muka. Dengan benefit ini, perusahaan bisa menunjukkan kepeduliannya terhadap karyawan, terutama kepedulian terhadap masalah keuangan karyawan. 

Namun, untuk memberikan benefit ini perusahaan perlu anggaran keuangan dan juga memastikan cash flow dalam kondisi baik, serta mengubah laporan keuangan untuk pencatatan pembayaran gaji di muka. Tapi sekarang tidak perlu lagi, karena sekarang sudah ada aplikasi KINI.id.

Dengan aplikasi KINI.id, perusahaan bisa memberikan benefit pembayaran gaji di muka tanpa harus menggunakan anggaran perusahaan atau mengubah laporan keuangan. Perusahaan hanya perlu mendaftarkan seluruh karyawan ke dalam aplikasi dan melakukan pembayaran di tanggal gajian atau sesuai kesepakatan, berdasarkan jumlah yang digunakan karyawan.

Selain itu, perusahaan juga tidak perlu khawatir karyawan kabur dari perusahaan setelah mendapatkan gaji di awal. Karena gaji yang bisa mereka ambil, maksimal sebesar hari kerja yang sudah mereka selesaikan. Jadi tunggu apalagi? Daftarkan seluruh karyawan kamu di aplikasi KINI.id sekarang!