6 Cara Meningkatkan Literasi Keuangan demi Kebebasan Finansial di Usia Muda

Literasi keuangan adalah kemampuan memahami dan mengelola keuangan pribadi dengan memanfaatkan sumber finansial yang dimilikinya untuk mencapai tujuan keuangan. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan literasi keuangan. Dengan meningkatnya literasi keuangan, maka akan lebih mudah juga kamu bisa mencapai kebebasan finansial. Lalu bagaimana cara meningkatkan literasi keuangan? Berikut beberapa strategi dan cara meningkatkan literasi keuangan dilansir dari beberapa sumber.

Sisakan waktu minimal 1 jam per minggu untuk mengelola keuangan 

Banyak orang ingin bisa mengelola keuangan namun tidak mau mencurahkan waktu, energin, dan sumber daya untuk menjadikan kesuksesan itu nyata. Salah satu solusinya agar kamu bisa meningkatkan literasi keuangan, cobalah sisakan waktu minimal 1 jam seminggu untuk mengelola keuangan dan melakukan perencanaan keuangan.

Dalam rentan waktu ini, kamu harus memaksakan diri untuk memantau anggaran yang sudah dibuat, melakukan update (pengkinian data), me-review, mengecek tagihan dan cicilan yang datang, juga berdiskusi mengenai keuangan keluarga.

Kamu bisa melakukan kegiatan ini menjadi lebih menyenangkan sambil mendengarkan alunan musik dan melakukan di waktu yang terjadwal setiap minggunya. Misalnya, setiap Jumat malam atau setiap tanggal 10.

Evaluasi hubungan kamu dengan uang

Untuk meningkatkan literasi keuangan, kamu juga perlu melakukan evaluasi tentang keuangan. Cobalah tulis pengalamanmu ketika menggunakan uang, dan tanyakan pada diri kamu bagaimana pengalaman tersebut dapat mempengaruhi persepsi tentang uang hari ini.

Baca Juga: Pentingnya Menerapkan Literasi Keuangan untuk Bekal di Masa Depan

Uji coba dan pengalaman

Setelah kamu melakukan evaluasi, maka kamu bisa mulai mencoba melakukan apa yang sudah kamu pelajari dari pengalaman tersebut. Misalnya, ketika belajar mengenai cara membuat anggaran dan mencatat pengeluaran. Paksakan diri untuk mulai membuat anggaran bulanan, mencatat pengeluaran harian, melakukan review dan analisa terhadap pengeluaran.

Pastikan untuk mau mencoba dan mendapatkan pengalaman dari hal-hal yang sudah dipelajari. Ubah yang tadinya pengetahuan dan konsep menjadi action.

Action adalah hal yang nantinya akan menentukan keberhasilan kamu dalam mengelola keuangan. Satu hal yang harus diingat adalah ketika kamu mulai melakukan action, selalu ada benefit (keuntungan) dan risk (risiko). Jangan sampai risiko menghantui, tetapi usahakan risiko itu dikuantifikasi dan dikelola.

Komitmen 30 menit seminggu untuk upgrade literasi keuangan

Buat komitmen terhadap diri sendiri untuk bisa mengenal, mengetahui, dan memahami keuangan pribadi (personal finance). Hindari untuk menghabiskan uang dalam waktu singkat. Banyak orang berusaha mengejar kemajuan keuangan dengan tenaga yang full di awal dan kempos di tengah-tengah. Lakukan pembelajaran keuangan pribadi dengan santai dan nikmati prosesnya (enjoy the process).

Kamu bisa membuat komitmen minimal 30 menit seminggu untuk meningkatkan literasi keuangan diri sendiri. Caranya adalah baca-baca informasi mengenai keuangan pribadi,melakukan diskusi, mengikuti seminar atau berkonsultasi dengan ahlinya.

Berdiskusi dengan sehat

Salah satu cara mengenal lebih dalam keuangan pribadi adalah dengan berdiskusi. Kamu bisa mencari teman atau rekan yang memahami keuangan pribadi. Kamu juga bisa berdiskusi dengan orang yang sudah sukses secara keuangan. Hal ini secara langsung dan tidak langsung akan memberikan efek positif kepada diri kamu.

Untuk melakukan diskusi yang tepat dan sesuai tujuan keuangan, kamu bisa bergabung dengan komunitas keuangan. Hal ini akan meningkatkan pengetahuan keuangan dan belajar dari pengalaman keuangan dari orang-orang yang ditemui.

Ketika berdiskusi dengan orang lain, pastikan kamu menghargai pendapat orang tersebut dan selalu  berterima kasih pada orang-orang yang mau memberi nasihat, tetapi kamu harus berpikir lebih kritis mengenai pendapat tersebut dan jangan sampai ‘menelan’ informasi tersebut tanpa adanya penyaringan informasi.  

Capai tujuanmu dengan mulai action

Jangan asal menentukan tujuan keuangan dan tidak ada tindakan kemudian. Jika kamu ingin bebas finansial dan meningkatkan literasi keuangan, pastikan kamu mengidentifikasi tindakan yang harus dilakukan di sepanjang perjalanan untuk meraihnya. Kamu bisa  membuat jalanmu sendiri menuju penetapan tujuan, tetapi beberapa jenis struktur akan membantu, salah satunya membuat rencana keuangan.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan literasi keuangan. Dengan literasi keuangan yang matang, maka kamu bisa dengan mudah mendapatkan kebebasan finansial di usia muda. Selain penerapan literasi keuangan, pastikan juga untuk selalu memanfaatkan aplikasi KINI.id dibandingkan harus mengajukan pinjaman!