Kelebihan & Kekurangan Kerja dari Rumah yang Perlu Kamu Pahami

Selama masa pandemi COVID-19, kita semua diminta untuk tetap di rumah dan menjalankan aktivitas dari rumah, salah satunya bekerja dari rumah atau lebih dikenal dengan istilah WFH atau Work From Home. Di mana, seorang karyawan tidak perlu datang ke kantor tatap muka dengan para karyawan lainnya.

Pada nyatanya, work from home sendiri bisa membantu karyawan untuk menyeimbangkan dunia kerja dan kehidupan sehari-harinya. Bekerja dari rumah juga dipercaya bisa membuat pekerjaan selesai lebih cepat, efektif, dan efisien. Bukan hanya itu, sistem ini juga punya banyak kekurangan yang harus dipertimbangkan perusahaan. Nah, di bawah ini adalah kelebihan dan kekurangan work from home bagi karyawan.

Kelebihan Work From Home

1. Menghemat Biaya Pengeluaran

Dengan tidak datang ke kantor, maka kamu bisa menghemat pengeluaran, mulai dari biaya makan dan biaya transportasi yang biasanya harus kamu keluarkan. Selain itu, bagi kamu yang tinggal di daerah yang jauh dari kantor dan sering terjebak kemacetan pun tidak perlu lagi buang waktu dan tenaga untuk jalan ke kantor. Bekerja dari rumah dipercaya juga bisa mengurangi tingkat stres yang dialami, khususnya tingkat stres ketika menuju kantor.

2. Bekerja Lebih Fleksibel

Dengan bekerja dari rumah, kamu bisa lebih fleksibel dalam mengatur waktu untuk menyelesaikan setiap pekerjaan. Kamu juga bisa pindah dari meja kerja menuju ruang tamu, teras, taman, kamar atau ruangan lain di rumah yang nyaman untuk bekerja.

Selain itu, kamu juga tidak akan terfokus dengan jam kerja 8-5 atau 9-6. Kamu bisa mengatur waktu sesuai keinginan, mulai dari jam masuk kantor, jam istirahat, hingga jam selesai kerja, tak melulu harus sesuai aturan lagi. Yang terpenting, kamu harus bisa bertanggung jawab dengan pekerjaan yang memang sudah ditugaskan untuk kamu.

3. Lebih Dekat dengan Keluarga

Bekerja dari rumah juga sangat menguntungkan bagi kamu yang sudah berkeluarga. Di mana, kamu bisa mendapatkan banyak momen setiap harinya dan menghabiskan banyak waktu untuk mereka. Sehingga, secara tidak langsung kamu bisa menyeimbangkan antara urusan kerja dengan urusan pribadi. Meski begitu, pastikan kamu harus membatasi antara pekerjaan dan keluarga di rumah dan tahu waktu kapan untuk berkumpul dan kapan waktu untuk bekerja.

4. Memperoleh Kepuasan Kerja

Bekerja di kantor sering membuat karyawan bosan dan membuat mereka lebih stres. Apalagi, setelah menempuh perjalanan yang panjang untuk ke kantor, ditambah juga deadline yang harus mereka selesaikan. Namun, hal ini tidak dirasakan lagi ketika bekerja di rumah dengan suasana yang nyaman dan fokus.

Tingkat stres yang menurun membuat kepuasan kerja semakin meningkat yang secara tidak langsung bisa meningkatkan kinerja dan membantu menyelesaikan pekerjaan dengan baik. Hal ini tentu akan meningkatkan kepuasan kerja sehingga karyawan menjadi loyal terhadap perusahaan.

5. Meningkatkan Produktivitas

Nah setelah karyawan lebih senang dalam bekerja dan puas menyelesaikan pekerjaannya, tentu akan mempengaruhi produktivitas. Ini terjadi karena tingkat stres bekerja semakin berkurang sehingga produktivitas kerja bertambah. Beberapa hal yang bisa menyebabkan stres seperti macet di jalan, pekerjaan yang menumpuk, masalah teman kerja dan masalah-masalah lain yang sering ditemui pada kantor yang menyebabkan kurangnya semangat kerja.

Kekurangan Work From Home

1. Banyak Gangguan Kerja

Tidak semua pekerjaan bisa berjalan mulus di rumah. Apalagi jika di rumahmu banyak anak-anak. Ketika ingin melihat pekerjaaan yang sedang dilakukan, anak di rumah terus bertanya, belum lagi orang sekitar yang menganggap hanya di rumah nganggur saja, padahal sedang kerja secara remote. Selain mengganggu konsentrasi, kemungkinan kamu juga akan merasa kesal dan tidak fokus bekerja.

2. Kehilangan Motivasi Kerja

Ketika bekerja dari rumah, kamu juga bisa kehilangan motivasi bekerja karena suasana jauh berbeda dengan bekerja di kantor. Lingkungan dengan situasi yang kompetitif di kantor bisa menjadi acuan untuk terus melangkah lebih maju.  Apalagi, jika di kantor ada rekan kerja yang bisa jadi panutan dari segi semangat atau kualitas hasil kerjanya. Salah satu tandanya dengan pekerjaan yang selalu telat dari deadline yang sudah ditentukan.

3. Tidak Memiliki Jam Kerja Teratur

Karena bekerja dari rumah lebih fleksibel, dan tidak ada jam kerja yang teratur bisa membuat beberapa orang justru bekerja lebih lama. Bahkan, ada orang yang mementingkan pekerjaan di semua hari selama 24/7 atau justru mengabaikan pekerjaan dan menundanya secara terus menerus.

Oleh karena itu, kamu harus pintar mengelola waktu dengan baik dan jangan biarkan sistem, work from home mengacaukan kehidupan pribadimu. Sekali pun bekerja dari rumah, ada baiknya kamu menetapkan waktu kapan harus kerja, beristirahat, dan menyelesaikan tugas.

4. Sering Miskomunikasi

Ketika menjalankan work from home, komunikasi dengan rekan kerja juga menjadi tantangan besar yang perlu dihadapi. Untuk itu kamu harus selalu online dan mudah dihubungi, sehingga ketika ada diskusi atau koordinasi dengan tim bisa berjalan dengan baik dan tidak terjadi miskomunikasi yang menyebabkan masalah dalam pekerjaan.

5. Berjuang dengan Teknologi

Dengan bekerja dari rumah, kamu juga akan sering diuji oleh kesabaran, apalagi jika terjadi gangguan koneksi internet. Padahal, saat itu juga hasil pekerjaan harus segera dikirimkan dan membutuhkan koneksi internet. Belum lagi, jika ada file pekerjaan yang hanya bisa dioperasikan dengan perangkat tertentu yang ada di kantor. Hal ini tentu akan sangat menghambat kerja yang seharusnya bisa selesai cepat malah jadi lambat.

6. Terasing dari Kehidupan Sosial

Ketika kamu bekerja dari rumah, kamu tidak akan melakukan komunikasi dan interaksi dengan teman. Hal inilah yang akan membuat kamu terasing dari kehidupan sosial. Padahal, setiap manusia butuh interaksi dengan individu lain. Komunikasi paling efektif yang bisa kamu lakukan saat kerja dari rumah yaitu lewat messenger, Skype, WhatsApp, dan sebagainya.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan kerja dari rumah. Meski bekerja dari rumah punya banyak kelebihan salah satunya menghemat biaya. Namun, di masa pandemi ini kamu juga tetap membutuhkan biaya lain untuk memenuhi kebutuhan di masa pandemi. Misalnya biaya untuk pembelian masker, hand sanitizer, vitamin, disinfektan, dan sebagainya.

Kebutuhan ini menjadi kebutuhan penting yang harus segera dipenuhi untuk mengurangi risiko terkena VIRUS COVID-19. Nah, bagi kamu yang tidak memiliki biaya untuk memenuhi kebutuhan ini, kamu tidak perlu khawatir lagi. Karena, sekarang kamu bisa memanfaatkan aplikasi KINI.id. Dengan aplikasi KINI.id, kamu bisa dengan mudah mencairkan gaji di awal tanpa harus menunggu tanggal gajian dengan jumlah uang yang bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu. Jadi tunggu apalagi? Manfaatkan aplikasi KINI.id sekarang!