Banyaknya pekerjaan sering membuat orang merasa lelah karena kesehatan mental yang memburuk. Hal inilah yang membuat orang ingin melakukan self healing untuk memperbaiki kondisi mental setelah bekerja dan mulai burnout.

Menurut Psychology Today, metode self healing ini juga tidak akan menghambat produktivitas sehari-hari. Artinya, kamu tetap bisa melakukan self healing meski sedang sibuk atau saat sedang rehat di waktu luang. Sehingga, kamu tidak perlu keluar banyak uang hanya untuk “healing”. Lalu, seperti apa kegiatan self healing yang bisa dilakukan?

Me time

Me time merupakan waktu luang yang dihabiskan untuk diri sendiri. Kamu bisa menghabiskan waktu ini dengan melakukan hobi atau sekadar berefleksi. Kegiatan ini dianggap efektif karena pada dasarnya masalah yang belum usai selalu berhubungan dengan kehadiran orang lain. Oleh karena itu, me time inilah yang bisa memberikan manfaat untuk membuat dirimu lebih nyaman dan rileks. Hasilnya, kondisi mentalmu bisa menjadi lebih bugar.

Bicara dengan diri sendiri

Kamu juga bisa coba berbicara dengan diri sendiri. Meskipun terkesan janggal, berbicara dengan diri sendiri menjadi salah satu cara terbaik untuk melampiaskan perasaan negatif. Kegiatan ini juga bisa mendorongmu untuk lebih memahami diri sendiri dan bersyukur atas segala pencapaian yang sudah diraih. Misalnya, kamu bisa coba bercermin dan ucapkan terima kasih pada dirimu sendiri yang telah bisa mencapai dan bertahan hingga hari ini.

Meditasi

Meditasi juga menjadi salah satu kegiatan self healing paling populer. Dengan meditasi, kamu bisa meningkatkan fokus, kesadaran diri, hingga mengurangi emosi negatif. Namun, agar berjalan efektif, meditasi perlu dilakukan dalam ruangan yang sepi dan tenang. Misalnya, cobalah matikan lampu kamar, ambil posisi yang membuatmu nyaman, letakkan kaki di tanah, ambil napas dalam-dalam, dan keluarkan secara perlahan.

Self compassion

Self compassion merupakan cara untuk memahami kondisi mental dan emosi atas segala penderitaan yang dialami. Cara ini sangat berguna bagi kamu yang ingin lebih memahami diri sendiri. Cara ini juga bisa membantu meningkatkan kepedulian, menanggapi kejadian buruk, dan membebaskan diri dari derita di masa lalu.

Menulis jurnal

Kamu juga bisa menulis jurnal untuk melakukan kegiatan healing. Dengan menulis, kamu bisa meringankan beban pikiran dan memberikanmu gambaran mengenai suatu hal dari sudut pandang baru. Kamu bisa membuat jurnal dan menuangkan segala pikiran selama 10 hingga 15 menit setiap hari untuk meningkatkan kesadaran diri dan kepercayaan dirimu.

Lakukan kegiatan positif

Kamu juga bisa melakukan self healing dengan berbagai kegiatan positif. Misalnya dengan melakukan hobi yang membuatmu merasa nyaman. Namun, jika kamu tidak memiliki hobi, beberapa kegiatan yang dapat memberikan dampak positif bagi mentalmu adalah membaca buku, berkebun, berolahraga, atau mendengarkan musik.

Itulah beberapa cara self healing yang bisa kamu lakukan kapan dan di mana saja tanpa harus mengeluarkan uang banyak. Namun, jika cara di atas masih kurang dan kamu perlu healing dengan arti sesungguhnya yaitu dengan berlibur demi me-refresh diri, maka pastikan kamu sudah memiliki dana yang cukup dan tidak melakukannya dengan berutang. Karena hal ini bukan membuatmu healing, justru bisa menimbulkan masalah keuangan nantinya.

Jika dirasa healing sangat dibutuhkan dan kamu belum memiliki dana yang cukup, kamu bisa memanfaatkan aplikasi KINI.id untuk mengambil gajimu bulan depan lebih cepat. Dengan KINI.id, kamu bisa mengambil gajimu secara fleksibel dan instan, kapan dan di mana saja tanpa harus menunggu tanggal gajian. Jadi, jangan sampai momen healingmu justru membuat masalah keuangan ya!