Cara Tepat Agar Terhindar dari Kebiasaan Gali Lubang Tutup Lubang

Pernah dengar istilah gali lubang tutup lubang? Ini merupakan istilah yang biasa digunakan ketika kamu memiliki kebiasaan meminjam uang untuk menutupi tagihan utang. Kebiasaan ini seringkali dijadikan solusi oleh sebagian orang, apalagi saat ini ada banyak cara mudah untuk mendapatkan utang, misalnya saja dengan memanfaatkan layanan pinjaman online atau pay later.

Kebiasaan gali lubang tutup lubang tentu bukan hal yang baik dan perlu dihindari. Sebab tumpukan utang bukan hanya membuat kesehatan keuangan memburuk, melainkan juga dapat memengaruhi kesehatan mental dan fisik. Oleh karena itu penting untuk menghindari kebiasaan gali lubang tutup lubang. Bagaimana caranya? 

Hentikan belanja sebagai hobi

Tidak ada yang salah dengan berbelanja, semuanya tentu sah-sah saja. Yang perlu dihindari adalah dengan menjadikan belanja menjadi hobi. Biasanya kebiasaan ini terjadi ketika seseorang tidak bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Apalagi di zaman teknologi ini, banyak kemudahan yang ditawarkan ketika ingin berbelanja. Mulai dari belanja online serta layanan kartu kredit hingga pay later yang bisa membuat kegiatan belanja menjadi sesuatu yang impulsif.

Membuat anggaran untuk acara khusus

Kebiasaan yang bisa dilakukan untuk menghindari gali lubang tutup lubang adalah dengan membuat anggaran untuk acara khusus. Artinya, kamu harus memiliki uang tunai yang cukup. Misalnya anggaran untuk acara khusus seperti liburan, ulang tahun, dan pernikahan. Hal ini diperlukan agar kamu tidak harus berutang untuk melakukan acara khusus itu. Bahkan jika perlu kamu bisa memangkas anggaran untuk acara acara ulang tahun atau pesta lainnya yang bukan merupakan kebutuhan pokok.

Bayar tunai jika memungkinkan

Membayar dengan tunai akan membantu kamu terhindar dari utang. Kamu perlu tahu persis barang-barang yang prioritas. Jika hanya menuruti keinginan bisa saja kamu membeli barang-barang yang tidak diperlukan. Membayar tunai atas pembelian juga tidak boleh melebihi batas dari anggaran yang sudah ditentukan.

Baca Juga: 5 Cara Memanfaatkan Promo Payday dengan Bijak dan Tepat

Hindari memiliki kartu kredit lebih dari dua

Memiliki kartu kredit berarti kamu bisa mendapatkan akses untuk berutang kepada bank dengan lebih mudah dan cepat. Agar terhindar dari kebiasaan gali lubang tutup lubang, pastikan kamu tidak memiliki kartu kredit lebih dari dua. Karena setiap kartu kredit yang digunakan, kamu perlu membayar cicilannya. Bayangkan jika kamu memiliki lebih dari dua kartu kredit, akan ada lebih banyak cicilan ke bank bukan? Hal inilah yang akan membuat kamu terjebak dalam lingkaran setan utang itu sendiri.

Hindari bawa kartu kredit kemanapun

Kebiasaan menyimpan kartu kredit di dompet juga perlu kamu hindari agar terhindar dari kebiasaan gali lubang tutup lubang. Apalagi jika kamu adalah tipe orang yang mudah tergoda saat melihat diskon dan promo.

Maka akan lebih baik jika kamu hanya membawa uang tunai secukupnya jika berbelanja. Dengan begitu kamu tidak akan tergoda untuk membeli barang lain yang bukan kebutuhan utama.

Masukkan pembayaran cicilan sebagai prioritas utama

Jika kamu telah mengajukan pinjaman, pastikan bahwa kamu sudah memasukkan cicilan utang pada daftar pengeluaran bulanan. Hal ini perlu dilakukan agar kamu tidak lupa untuk membayarnya dan bisa terhindar dari denda. Tentunya kamu tidak ingin kedepannya tagihan utang semakin menumpuk dengan jumlah denda yang besar, bukan? 

Mulai berhemat

Agar kamu tidak gali lubang tutup lubang, kamu juga perlu berhemat. Jika saat ini utang kamu sudah lebih lebih dari 30% dari penghasilan, maka pastikan kamu tidak mengajukan pinjaman lagi. Apalagi jika kamu mengajukan pinjaman untuk pengeluaran yang sifatnya konsumtif dan kondisi keuanganmu belum stabil. Oleh karena itu, pastikan untuk menerapkan gaya hidup hemat, serta prioritaskan utang dan kebutuhan pokok sebagai tanggung jawab utama.

Cari penghasilan tambahan

Jika saat ini penghasilanmu dirasa belum cukup untuk membayar utang, maka tidak ada salahnya untuk mencari penghasilan tambahan. Kamu bisa mencari pekerjaan sampingan sebagai freelance, atau membuka usaha kecil-kecilan. Ketika kamu sudah mendapatkan penghasilan tambahan, maka pastikan kamu membayar utangmu lebih cepat agar utang cepat lunas dan tidak semakin bertambah.

Manfaatkan Earned Wage Access (EWA) 

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan agar tidak gali lubang tutup lubang adalah dengan memanfaatkan benefit akses gaji fleksibel dengan aplikasi KINI.id. Dengan aplikasi KINI.id, kamu bisa mengakses gaji kapan saja tanpa harus menunggu tanggal gajian sehingga bisa kamu gunakan untuk memenuhi kebutuhan tanpa harus kembali berutang. 

Itulah beberapa cara agar terhindar dari kebiasaan gali lubang tutup lubang. Kira-kira, cara mana nih yang akan kamu gunakan?