7 Ide Usaha di Masa Pensiun untuk Menikmati Masa Tua yang Aman & Nyaman

Setiap karyawan yang bekerja, baik sebagai pegawai negeri, BUMN, maupun karyawan swasta pasti akan menghadapi masa pensiun. Umumnya, karyawan akan mengambil masa pensiun dalam rentang usia 55 tahun hingga 65 tahun. Nah, sebelum pensiun tiba, banyak orang yang mulai mempersiapkan masa pensiunnya dengan memikirkan ide usaha di masa pensiun terlebih dahulu agar bisa menjadi sumber penghasilan sekaligus penghilang penat ketika usia tidak produktif lagi.

Namun, untuk memulai usaha di masa pensiun, tentu saja jenis usaha yang diperlukan adalah usaha yang tidak memerlukan banyak tenaga. Lalu, apa saja ide usaha di masa pensiun yang bisa jadi inspirasi kamu nanti?

Kos-Kosan atau Kontrakan

Bisnis pertama yang cocok kamu jalankan setelah pensiun nanti adalah membuka sewa kos-kosan atau kontrakan. Dengan menyewakan kos-kosan atau kontrakan, kamu tidak perlu lagi bekerja keras untuk mengelolanya. Namun, untuk memulai bisnis ini kamu perlu melakukan survei tentang potensi usaha ini di lingkungan sekitar. Pastikan kamu memilih lokasi yang tepat untuk menjalankan bisnis ini seperti wilayah sekitar kampus dan perkantoran.

Untuk mempersiapkan bangunan rumah kos atau kontrakan, kamu juga memerlukan modal yang tidak sedikit. Jadi, pastikan kamu telah mengumpulkan dana yang cukup untuk keperluan pembangunan kontrakan atau kos-kosan ini. Setelah kos atau kontrakan terbangun, kamu juga bisa menyediakan fasilitas yang baik agar pengguna kos nyaman. Perhitungkan juga harga sewa yang sebanding dengan fasilitas yang tersedia.

Rental Kendaraan

Rental kendaraan motor atau mobil juga bisa dijadikan alternatif bisnis di masa pensiun. Usaha ini akan lebih menguntungkan jika kamu membuka tempat penyewaan di dekat lokasi wisata atau di pusat keramaian. 

Namun, untuk membuka bisnis ini kamu harus memiliki beberapa unit sepeda motor atau mobil yang bisa digunakan untuk disewakan. Jika kamu tidak memiliki kendaraan, kamu bisa membelinya dengan sistem kredit maupun tunai. Jangan lupa juga untuk mengasuransikan kendaraan kamu untuk mengurangi risiko yang mungkin terjadi ketika kendaraan digunakan oleh pelanggan.

Bisnis Franchise

Menjalankan bisnis franchise juga menjadi salah satu bisnis kekinian yang cocok untuk pensiunan. Hal ini karena, kamu tidak perlu lagi memulainya dari nol dan hanya perlu memonitor bisnis tersebut agar menghasilkan profit. Sedangkan, operasional bisnis akan dijalankan oleh karyawan lainnya. 

Namun, untuk memulai bisnis ini kamu tidak bisa sembarangan. Kamu harus memikirkan dengan matang bisnis apa yang ingin kamu pilih, apakah makanan, minuman, atau lainnya. Selain itu, meski tinggal dijalankan sesuai yang sudah ditentukan franchisor, kamu juga perlu memerhatikan syarat dan ketentuan dari bisnis tersebut. 

Peternakan atau Perkebunan

Usaha ini juga cocok dijalankan ketika kamu memutuskan untuk tinggal di pedesaan setelah masa pensiun. Pasalnya, peternakan dan perkebunan membutuhkan lahan yang cukup luas. Untuk jenis peternakan yang bisa kamu jalankan, antara lain ayam pedaging, ayam petelur, sapi pedaging, sapi perah, bebek, hingga burung kicau. Sedangkan perkebunan, kamu bisa mulai dari kebun kecil dahulu seperti kebun buah atau sayur.

Untuk menjalankan bisnis ini pun tidak bisa sembarangan, kamu perlu belajar dan berkonsultasi dengan orang yang sudah pengalaman. Jika memungkinkan, kamu juga bisa mempekerjakan orang yang memang sudah ahlinya di bidang ini. Selain itu, pelajari juga target pasar yang tepat untuk menjual hasil ternak atau kebun tersebut agar keuntungan yang bisa kamu hasilkan lebih maksimal.

Toko Kelontong

Toko kelontong seperti warung juga bisa menjadi bisnis setelah pensiun. Kamu bisa menjalankannya di rumah dengan target pasar orang-orang di sekitar kamu tinggal. Bisnis ini pun tergolong mudah karena bisa dibuka di rumah sendiri. 

Untuk memulai bisnis ini, modal yang dibutuhkan juga relatif kecil. Namun, agar lebih cepat memperoleh keuntungan, kamu perlu menjual barang yang memang dicari dan dibutuhkan masyarakat. Jadi, pastikan kamu melakukan riset kecil-kecilan terlebih dulu mengenai barang apa saja yang dibutuhkan orang sekitar, misalnya beras, minyak, gula, jajanan, dan lain sebagainya.

Investasi Tanah atau Properti

Harga tanah dan properti selalu meningkat terus menerus setiap tahunnya. Oleh karena itu, bisnis satu ini bisa kamu jadikan sebagai salah satu peluang usaha yang menjanjikan. Kamu bisa coba membeli tanah atau properti di tempat yang strategis atau yang memiliki potensi di masa mendatang. Setelah membeli tanah atau properti, kamu bisa menjualnya kembali di masa mendatang. Jika ingin mendapatkan keuntungan yang terus-menerus, kamu bisa menyewakan tanah atau properti tersebut alih-alih menjualnya.

Laundry

Menjalankan bisnis laundry juga bisa jadi peluang bisnis yang potensial untuk menemani masa pensiun kamu. Memiliki bisnis ini juga tidak akan membuatmu  mengeluarkan banyak tenaga. Kamu bisa merekrut karyawan yang memiliki kemampuan untuk mencuci, gosok, dan merapikan baju. 

Untuk memulai bisnis ini, kamu bisa coba memilih lokasi yang strategis seperti di wilayah yang banyak rumah kos mahasiswa atau karyawan. Sehingga, bisnismu banyak dicari oleh target pasar tersebut. Pastikan juga kamu memasang harga yang sesuai dengan target pasar, jangan sampai kamu memasang harga tinggi ketika bisnis laundry kamu berdekatan dengan kos-kosan.

Itulah beberapa ide usaha di masa pensiun yang bisa jadi inspirasi bisnis di usia tuamu nanti. Untuk menjalankan bisnis tersebut tentunya kamu juga perlu persiapan modal yang matang. Oleh karena itu, kamu mesti mempersiapkannya dari sekarang dengan cara menabung dan hindari utang konsumtif.

Bagi kamu yang membutuhkan dana darurat untuk memenuhi kebutuhan mendadak, hindari juga untuk berutang atau mengambil tabungan yang sudah kamu sisihkan. Namun, kamu tetap bisa memenuhi kebutuhan darurat tersebut dengan memanfaatkan akses pembayaran gaji di muka lewat aplikasi KINI.id.

Dengan aplikasi KINI.id, kamu bisa dengan mudah mendapatkan akses pembayaran gaji di muka dengan cepat dan aman. Sehingga, kamu tidak perlu lagi mengajukan kasbon atau mengambil pinjaman ke lembaga keuangan lainnya. Jadi tunggu apalagi? Manfaatkan aplikasi KINI.id sekarang dan persiapkan masa pensiunmu dengan aman dan nyaman dengan menghindari utang!