Bekerja merupakan salah satu rutinitas sehari-hari yang sering membuat sebagian orang bosan. Apalagi bagi orang yang tidak terbiasa melakukan hal yang sama secara terus menerus dalam waktu lama. Jika dibiarkan terus menerus menjadi rutinitas yang bosan, maka bekerja bisa mengakibatkan turunnya semangat dan motivasi kerja. 

Turunnya semangat bekerja akan berbanding lurus dengan menurunnya kinerja. Jika kamu mengalami hal ini, jangan langsung menyimpulkan untuk mundur dari pekerjaan saat ini, tapi cobalah beberapa cara di bawah ini untuk kembali mendapatkan motivasi kerja kamu.

Buat suasana kerja menjadi nyaman dan menyenangkan

Untuk membuat motivasi kerja kamu kembali lagi, cobalah bangun suasana kerja yang menyenangkan dan berbeda dari sebelumnya. Tanpa kamu sadari, mungkin saja rasa bosan yang dialami datangnya dari ketidakcocokan kamu dengan suasana kerja saat ini.

Pertama, cobalah kamu mencari sumber ketidaknyamanan yang kamu alami. Bentuknya bisa bermacam-macam, kamu bisa saja merasa tidak nyaman dari segi fisik maupun psikis. Kemudian, ubah ketidaknyamanan tersebut dimulai dari diri sendiri. Kamu bisa melakukan beberapa perubahan pada spot kerjamu agar mendapat suasana yang baru dan lebih fresh. Selain itu, kamu juga bisa mengobrol dengan rekan kerjamu agar menciptakan suasana yang lebih hangat. Dengan begitu, kamu akan temukan masalahmu dan berusaha menyelesaikannya, bukan terlarut di dalamnya.

Kumpul dengan teman yang pekerja keras dan punya motivasi tinggi

Sebagian orang mungkin akan mudah terpengaruh dengan energi di sekitarnya baik positif maupun negatif. Ketika kamu butuh motivasi kerja, cobalah hindari untuk berkumpul dengan orang-orang yang juga sedang mengalami hal yang sama. Mungkin awalnya kamu akan merasa senang karena bertemu orang yang merasakan hal yang sama. Namun, mengeluh bersama tidak akan menyelesaikan masalah yang ada.

Jadi, pastikan kamu mencari rekan kerja yang memiliki motivasi kerja yang tinggi. Dengan berbagi cerita pada orang-orang yang memiliki motivasi kerja tinggi, maka kamu bisa tertular semangat kerja mereka. Kamu pun bisa belajar dari mereka seperti ini bagaimana cara mempertahankan motivasi kerja agar tidak menurun.

Ingat kembali tujuan karir kamu

Jika kamu mulai merasa bosan dan kehilangan motivasi kerja, cobalah untuk mengingat kembali saat-saat kamu memulai pekerjaan. Kamu akan teringat kembali motivasi kerja pada awal memulainya. Kamu juga akan teringat kembali alasan kamu memulai pekerjaan tersebut. Sehingga nantinya kamu pun akan teringat alasan utama kamu bekerja.

Setiap orang tentu memiliki tujuan masing-masing, mungkin saja kamu adalah orang yang bekerja untuk keluarga atau bekerja demi mewujudkan cita-cita yang lebih besar lagi. Apapun tujuannya, ingatlah terus hal tersebut agar kamu mendapatkan motivasi kerja.

Buat rencana dan strategi baru

Mungkin kamu merasa pekerjaan saat ini terlalu berat dan berpikir bahwa pekerjaan lain akan lebih mudah. Mungkin juga kamu mulai merasa iri dengan pekerjaan orang lain yang terlihat mudah. Kondisi inilah yang membuat hilangnya motivasi kerja. Pada dasarnya setiap pekerjaan memiliki kesulitan masing-masing. Yang harus kamu lakukan adalah mensugesti diri kamu bahwa pekerjaan yang dilakukan saat ini bukanlah pekerjaan berat.

Kamu juga harus mulai membuat strategi kerja seperti mengelompokkan pekerjaan menjadi tugas-tugas kecil yang lebih mudah diselesaikan. Selain itu, perhatikan juga manajemen waktu. Akan lebih baik jika kamu dapat menyelesaikan pekerjaan tepat waktu, agar kamu juga memiliki waktu yang cukup untuk beristirahat.

Refreshing

Agar motivasi kerjamu kembali lagi, cobalah buat tubuh dan pikiranmu istirahat sejenak. Kamu bisa melakukan refreshing untuk mengembalikan motivasi kerja. Biasanya, cara refreshing setiap orang berbeda. Misalnya dengan menjalankan hobi kembali, sekedar istirahat siang, hingga jalan-jalan bersama keluarga atau teman.

Lakukan apapun yang bisa membuat pikiran dan jiwamu segar kembali. Namun, jangan sampai kelewatan! Setelah puas menghibur diri, kamu perlu menemukan kembali semangat dan motivasi kerja yang sebelumnya menurun.

Tetapkan target dan fokus

Kamu juga bisa mulai kembali dengan membuat target untuk hidup kamu. Jadikanlah hal yang benar-benar diinginkan sebagai target yang harus dicapai seperti jabatan lebih tinggi, mobil baru, rumah baru, atau bisa juga target untuk traveling ke luar negeri.

Dengan adanya target ini, maka kamu bisa mengingat kembali motivasi kerja kamu di awal kamu bekerja. Selain itu, kamu juga harus selalu berusaha untuk fokus pada target yang ingin kamu capai. Mulailah berpikir bahwa fokus akan membuat kamu semakin cepat mencapai target yang kamu inginkan.

Selalu berpikir positif

Pastikan juga kamu selalu berpikir positif. Pikiran dan sikap positif akan membantu kamu dalam banyak hal. Dengan pikiran positif, kamu bisa menganggap bahwa pekerjaan yang dilakukan tidaklah berat, kamu juga dapat dengan mudah menangkap motivasi dan energi positif yang berasal dari orang yang ada disekitar.

Selain itu, pikiran positif juga dapat membantu kamu berpikiran jernih dan mudah menyusun strategi kerja yang tentunya juga akan membantu kamu fokus dalam bekerja. Sikap dan pikiran positif kamu juga akan berpengaruh pada orang-orang disekitarmu. Kamu tidak hanya mendapatkan motivasi kerja untuk diri sendiri tapi juga bisa menularkannya pada rekan kerjamu.

Berikan reward bagi diri sendiri

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan motivasi kerjamu adalah dengan memberikan reward kepada diri sendiri dan mengucapkan terima kasih pada diri sendiri yang telah menyelesaikan tugas yang berat selama ini.

Kamu bisa membeli beberapa barang yang memang kamu butuhkan. Namun, pastikan kamu membeli atau memilih barang yang memang sesuai budget. Misalnya, kamu bisa membeli gadget baru setelah kamu berhasil mendapatkan promosi kerja. Atau kamu bisa mengambil cuti dan berlibur untuk memanjakan diri sendiri.

Namun, bagaimana jika kamu tidak memiliki dana? Bagaimana caranya bisa memberikan reward bagi diri sendiri? Tidak perlu bingung, karena sekarang kamu bisa memanfaatkan aplikasi KINI.id. Dengan aplikasi KINI.od, kamu bisa dengan mudah mengakses gajimu secara fleksibel dan instan tanpa perlu menunggu tanggal gajian.

Sehingga jika memang dibutuhkan demi mengembalikan motivasi kerja, kamu tidak perlu mengambil tabungan atau berutang, tapi kamu bisa dengan mudah memanfaatkan aplikasi KINI.id.

Itulah beberapa cara mengembalikan motivasi kerja kamu yang mulai berhilang. Jadi, kira-kira poin berapa yang akan kamu gunakan untuk memotivasi kerjamu?