5 Keuntungan yang Didapatkan Perusahaan dengan Berikan Benefit Makan Siang Karyawan

Benefit makan siang karyawan sering dijadikan benefit untuk meningkatkan loyalitas karyawan. Dengan memberikan benefit makan siang, perusahaan sudah menunjukkan kepeduliannya terhadap karyawan. Apalagi saat ini ada beberapa karyawan yang sering mengeluhkan sudah tidak ada dana untuk beli makan siang di tengah bulan. 

Pemberian makan siang kepada karyawan tidak diatur secara spesifik oleh pemerintah. Namun, hal ini sebenarnya tercantum dalam UU Ketenagakerjaan Nomor 13/2013 yang menyatakan bahwa pemberi kerja (perusahaan) dalam mempekerjakan tenaga kerja wajib memberikan perlindungan yang mencakup kesejahteraan, keselamatan, dan kesehatan baik mental maupun fisik tenaga kerja.

Selain itu, tertulis juga bahwa pengusaha yang mempekerjakan karyawan perempuan antara pukul 23.00 sampai 07.00 wajib memberikan makanan dan minuman bergizi , juga menjaga kesusilaan dan keamanan selama di tempat kerja.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa pemberian makan siang karyawan adalah  opsional. Namun, memberikan makan siang karyawan memiliki banyak keuntungan bagi perusahaan. Penasaran? Yuk simak beberapa keuntungan yang didapatkan perusahaan dengan memberikan benefit makan siang karyawan.

Mengurangi makan siang di luar

Biasanya, karyawan memanfaatkan waktu makan siang untuk ke luar, mulai dari yang terdekat seperti ke kantin, rumah makan sekitar, atau pusat belanja yang jaraknya lebih dari 2 kilometer.

Sebenarnya, tidak masalah kemanapun mereka pergi saat makan siang. Namun, terkadang ada beberapa karyawan yang justru datang terlambat kembali ke kantor yang akan mengganggu produktivitas kerja. Oleh karena itu, memberikan benefit makan siang bisa mengurangi karyawan untuk pergi ke luar makan siang.

Meningkatkan produktivitas dan kreativitas

Menyediakan makan siang juga bisa membantu meningkatkan produktivitas dan kreativitas karyawan. Di mana, waktu istirahat makan siang ini bisa menjadi salah satu cara untuk memperoleh energi dan menyegarkan pikiran setelah bekerja. Ketika makan siang, karyawan  akan bertemu rekan kerja lain divisi, penjual makanan, atau berkomunikasi dengan orang lain. Kondisi tersebut memberikannya perspektif atau pengetahuan baru. Hal itu bisa diaplikasikan dalam pekerjaan, seperti membuat ide untuk kampanye pemasaran atau insight untuk solusi proyek selanjutnya.

Mengenal rekan kerja & mendorong kolaborasi

Makan siang bersama di lingkungan kantor juga akan mendorong karyawan untuk saling mengenal rekan kerja dari divisi lain. Mereka bisa bertukar cerita atau pengalaman, sehingga bisa mengurangi stres kerja.

Selain itu, dengan memberikan makan siang bersama di lingkungan kantor juga bisa membantu karyawan melakukan kolaborasi dan membangun tim yang solid. Misalnya, divisi marketing dan HR berkolaborasi mengadakan webinar dengan tema  employer branding.

Meningkatkan retensi karyawan

Memberikan makan siang ke karyawan juga menjadi salah satu cara perusahaan menghargai jerih payah karyawan setelah bekerja maksimal. Karyawan yang diperlakukan seperti itu cenderung akan lebih loyal, menghargai rekan kerjanya. Nantinya, mereka akan dengan senang hati menceritakan pengalaman mereka bekerja di perusahaan, sehingga nantinya reputasi perusahaan pun akan positif.

Menciptakan kebiasaan sehat

Dengan memberikan benefit makan siang dan mendorong karyawan menikmati istirahatnya juga menjadi salah satu cara perusahaan menciptakan kebiasaan sehat di lingkungan kerja. Jika dilakukan secara teratur, maka nantinya akan berdampak positif seperti pekerjaan selesai tepat waktu, pulang sesuai jadwal, memiliki work-life balance, dan target perusahaan pun terpenuhi.

Itulah beberapa keuntungan yang bisa didapatkan perusahaan dengan memberikan benefit makan siang ke karyawan. Namun, memberikan benefit ini tidak bisa sembarangan, perusahaan dan tim HR harus menghitung anggaran yang dibutuhkan. Jangan sampai benefit ini justru membebankan perusahaan.

Jika perusahaan belum bisa memberikan benefit makan siang, perusahaan bisa memberikan benefit lainnya yang tidak kalah menguntungkan. Misalnya dengan mendaftarkan seluruh karyawan ke aplikasi KINI.id untuk mempermudah karyawan mendapatkan akses pembayaran gaji instan.

Dengan KINI.id, karyawan bisa dengan mudah mencairkan gaji kapan dan di mana saja sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan, meski tanggal gajian belum tiba. Selain itu, perusahaan juga tidak perlu khawatir mengenai anggaran dananya, karena seluruh gaji yang diambil karyawan di awal, hanya akan ditagihkan aplikasi KINI.id setelah tanggal gajian tiba. Sehingga, perusahaan tidak perlu mengatur dan membuat anggaran untuk memberikan benefit satu ini. Jadi tunggu apalagi? Daftarkan seluruh karyawan kamu ke dalam aplikasi KINi.id sekarang!