5 Tips Hemat Anak Rantau yang Bisa Mulai Diterapkan agar Keuangan Optimal

Mahasiswa atau karyawan yang merantau memiliki cobaan hidup tersendiri yang tidak kalah menantang. Beberapa orang perlu waktu membiasakan diri dan belajar mengatur keuangan di dompet demi bertahan hidup lebih lama. Ketika memutuskan untuk merantau, kamu juga harus siap hidup tanpa bantuan orang tua dan juga dituntut untuk pintar mengatur uang, mulai dari uang kos, uang makan, uang listrik, dan sebagainya. Tapi sekarang kamu tidak perlu khawatir, di bawah ini adalah tips hemat anak rantau yang bisa kamu lakukan.

Temukan Lokasi Kos yang Tepat

Pos pengeluaran pertama yang jumlahnya besar dan perlu dijadikan perhatian utama adalah akomodasi atau tempat tinggal. Dengan menemukan tempat tinggal yang terjangkau, kenaikan sewa yang tidak terlalu signifikan, dan akses transportasi yang mudah, maka kamu bisa menghemat pengeluarannya. Jadi, sebelum memutuskan untuk merantau, cobalah cek di mana kamu tinggal. Pastikan kamu memilih lokasi dengan kantor atau kampus. Meski jumlahnya sedikit mahal, tapi kamu bisa menghemat waktu dan juga transport.

Masak Sendiri

Memasak juga menjadi salah satu kunci anak rantau untuk menghemat pengeluaran. Bagi kamu yang tidak bisa masak, kamu bisa coba cek resep yang tersedia di online dan coba memasaknya. Dengan memasak, kamu hanya mengeluarkan uang untuk makanan dan bahan, tidak harus membayar biaya pengiriman ke rumah. Agar lebih hemat, kamu juga bisa membuat anggaran makanan selama 1 minggu atau 1 bulan. Dengan memasak sendiri selain sehat, kamu juga bisa membuat dompetmu lebih sehat.

Buat Budgeting

Masih banyak anak rantau yang belum benar-benar peduli dengan tabel pengeluaran atau budgeting. Padahal budgeting adalah salah satu hal pertama yang harus dilakukan jika ingin memperbaiki kesehatan finansial. Jika selama ini merasa uang yang kamu miliki cepat habis tanpa tahu uang itu ke mana saja, maka kemungkinan besar bisa terjadi karena kamu belum membuat budget yang benar. Dengan adanya budgeting, kamu akan tertolong untuk mengatur keuangan, karena sudah tau kisaran dana yang akan digunakan untuk satu jenis pengeluaran.

Jangan Asal Belanja

Masalah utama yang sering membuat kondisi keuangan anak rantau menjadi berantakan adalah cara mereka berbelanja. Biasanya karena di awal bulan dan sedang punya banyak uang, merekamenjadi gampang buat kalap mata. Inilah yang akhirnya membuat belanja menjadi tidak bijak.

Terkadang kita membeli beberapa barang hanya karena tergiur dengan diskon, atau karena melihat banyak orang yang memiliki barang tersebut. Karena uang yang dimiliki sudah dibelanjakan di awal, maka nantinya akan berdampak pada akhir bulan. Jadi, sebelum berbelanja, kamu bica coba membuat daftar belanja, dan pastikan kamu belanja sesuai daftar yang kamu butuhakan tersebut. 

Catat Arus Keuangan

Kamu juga perlu memiliki data mengenai jumlah uang masuk dan keluar untuk mengetahui apakah pengeluaran kamu sudah melebihi budget atau belum. Jadi, pastikan kamu selalu mencatat setiap kamu membelanjakan uang yang kamu miliki, termasuk untuk nominal yang kecil. Ini akan membuatmu lebih tahu ke mana saja uangmu telah dialokasikan. 

Nah, itulah beberapa tips hemat anak rantau yang bisa kamu terapkan mulai sekarang. Jika suatu hari nanti kamu butuh dana darurat, pastikan juga untuk tidak mengajukan pinjaman. Untuk memenuhinya, kamu bisa manfaatkan aplikasi KINI.id yang akan membantu kamu mengakses gaji instan, kapan dan di mana saja. Dengan KINI.id, kamu bisa mencairkan gajimu sebelum tanggal gajian sesuai dengan dana yang kamu butuhkan.