7 Keinginan Karyawan yang Perlu Diperhatikan Demi Perkembangan Perusahaan

Perlu diketahui, karyawan merupakan aset perusahaan yang perlu dijaga dengan baik. Untuk menjaga karyawan dengan baik tentu perusahaan perlu melakukan beberapa hal dan mengetahui keinginan karyawan. Dengan begitu, karyawan pun akan senang bekerja di perusahaan dan memberikan kinerja terbaiknya.

Kepuasan dan kebahagiaan karyawan dalam bekerja dipengaruhi oleh banyak faktor dan bukan hanya sekedar uang. Lalu apa saja sebenarnya keinginan karyawan dan harapan karyawan ketika bekerja di sebuah perusahaan? Dan apakah jika keinginan ini didapatkan karyawan bisa memengaruhi perkembangan perusahaan?

Kesejahteraan

Karyawan merupakan aset perusahaan yang sangat berharga. Bagi sebuah perusahaan, kesejahteraan karyawan memiliki peran penting dan berdampak pada kinerja perusahaan. Kesejahteraan karyawan didefinisikan sebagai kesehatan mental, fisik, emosional, dan ekonomi karyawan secara keseluruhan.

Kesejahteraan ini biasanya dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti hubungan karyawan dengan rekan kerja, keputusan yang karyawan buat, dan alat serta sumber daya yang karyawan akses. Jam kerja, gaji, dan keselamatan kerja juga memiliki dampak yang signifikan terhadap kesejahteraan karyawan.

Meskipun kesejahteraan akan bervariasi bagi setiap orang, kesejahteraan karyawan harus memiliki tingkat rata-rata yang memungkinkan tempat kerja menjadi produktif dan sehat. Faktor luar juga berkontribusi pada kesejahteraan karyawan misalnya stres seputar masalah keuangan, kesehatan, dan keluarga semuanya berperan dalam kinerja di tempat kerja.

Oleh karena itu, pastikan perusahaan bisa memenuhi kesejahteraan karyawan. Dengan begitu, karyawan pun dijamin akan loyal dengan perusahaan dan bisa berikan kinerja terbaiknya di dalam perusahaan.

Kesempatan untuk berkembang

Karyawan bekerja bukan hanya sekedar untuk mendapatkan gaji. Mereka juga butuh kesempatan untuk berkembang, baik dari sisi pengetahuan, karir, maupun benefit lainnya. Oleh karena itu, perusahaan perlu memberikan kesempatan bagi karyawan untuk berkembang.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan perusahaan untuk membantu karyawan berkembang. Misalnya dengan memberikan buku sesuai bidangnya, memberikan seminar, workshop, conferencewebinars, e-courses, dan sebagainya. Pilih yang sesuai minat mereka dan juga kebutuhan pekerjaan baik yang sekarang maupun pekerjaan terkait di masa depan.

Pengakuan dan penghargaan

Setiap karyawan tentu ingin dianggap bernilai oleh perusahaan. Pengakuan dan penghargaan yang diberikan perusahaan akan membuat karyawan merasa dianggap sebagai orang yang penting di perusahaan. Oleh karena itu, penting bagi perusahaan untuk memberikan pengakuan dan penghargaan, terutama ketika karyawan berhasil menyelesaikan proyek atau berhasil menyelesaikan tugas tepat waktu. Selain membuat karyawan merasa dianggap, ini juga bisa membantu meningkatkan motivasi karyawan.

Baca Juga: Cara Mudah yang Bisa Dilakukan Perusahaan untuk Membuat Karyawan Bahagia

Mentor

Satu hal yang benar-benar diinginkan dan dibutuhkan karyawan dari perusahaan adalah seorang mentor. Karyawan ingin merasa ada orang yang bisa menerima pemikiran mereka, yang bisa mereka pelajari (role model), yang mendorong mereka, dan membantu menunjukkan talenta mereka. Oleh karena itu, penting bagi perusahaan untuk memberikan mentor bagi karyawan, terutama ketika mereka baru bergabung ke dalam sebuah perusahaan.

Pastikan juga mentor tersebut tepat dan sesuai dengan keinginan karyawan dan hindari mentor yang justru bisa membuat karyawan tidak percaya diri dan hanya bisa menyalahkan karyawan tersebut. Hal ini justru nantinya bisa menjadi pemicu karyawan resign dan meninggalkan perusahaan.

Merasa dipercaya saat bekerja

Kebanyakan karyawan membenci manajemen mikro yang selalu memeriksa detail setiap saat. Selama orang-orang memiliki hal dasar yang dibutuhkan dalam pekerjaan mereka, supervisor harus menginformasikan ekspektasi yang diinginkan dengan jelas dan reasonable, serta biarkan karyawan mengerjakannya sendiri sesuai deadline yang telah ditentukan.

Dengan begitu, karyawan bisa menunjukkan keahliannya yang sesungguhnya dan terhindar dari rasa tertekan yang justru bisa membuat pekerjaan menjadi tidak baik. Oleh karena itu, cobalah berikan tanggung jawab dan percayalah dengan kemampuan mereka. Mengecek pekerjaan sesekali tentu tidak masalah untuk memastikan pekerjaan tersebut sesuai. Namun hindari untuk selalu mengeceknya secara berkala dan sesering mungkin.

Transparansi

Setiap karyawan tentu berhak tau apa yang sebenarnya terjadi dengan perusahaan. Apalagi, perusahaan adalah tempat mereka bekerja dan mencari nafkah. Ada beberapa hal yang sebenarnya perlu diketahui karyawan dan butuh transparansi perusahaan untuk menginformasikannya ke karyawan. Misalnya apakah target per bulannya tercapai, perubahan apa yang sedang terjadi, produk apa yang akan diluncurkan berikutnya dan sebagainya.

Dengan adanya informasi yang transparan inilah karyawan sebenarnya bisa memberikan kinerja terbaiknya untuk perusahaan dan membantu perusahaan berkembang sesuai dengan target yang telah ditentukan. Jangan sampai tidak adanya transparansi perusahaan justru membuat karyawan menduga-duga dan akhirnya tidak percaya dengan perusahaan yang akhirnya pun akan membuat mereka resign.

Refreshing

Karyawan juga terkadang menginginkan untuk refreshing sebentar untuk menyegarkan pikiran dari banyaknya pekerjaan di kantor. Oleh karena itu, perusahaan juga perlu memberikan kesempatan karyawan untuk refreshing sejenak dari rutinitas demi memberikan pikiran yang fresh bagi karyawan.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan perusahaan untuk memberikan kesempatan refreshing bagi karyawan. Mulai dari memberikan waktu cuti tambahan setelah mereka berhasil menyelesaikan proyek, membuat acara piknik bersama, makan-makan, dan masih banyak lagi. 

Dengan mengetahui keinginan karyawan, perusahaan bisa menjaga dan memastikan kinerja karyawan tetap terjaga dan dapat membantu produktivitas perusahaan di kemudian hari. Selain mengabulkan beberapa keinginan karyawan, perusahaan juga bisa memberikan benefit tambahan bagi karyawan, salah satunya dengan memberikan akses pembayaran gaji instan.

Perusahaan bisa mendaftarkan seluruh karyawan ke dalam aplikasi KINI.id untuk mempermudah karyawan dalam mengakses gajinya secara instan dan fleksibel, kapan saja mereka butuhkan. Dengan begitu, karyawan bisa dengan mudah mengambil gajinya ketika terjadi kebutuhan darurat di kemudian hari. Jadi tunggu apalagi? Daftarkan karyawan sekarang juga dan berikan benefit sesuai keinginan mereka.