7 Cara Menghemat Listrik Agar Terhindar dari Kebutuhan Darurat Pembelian Token di Tengah Bulan

Listrik merupakan kebutuhan utama dalam kehidupan. Tanpa adanya listrik kita akan sulit melakukan aktivitas. Mulai dari belajar, bekerja, bahkan menikmati hiburan melalui perangkat elektronik pasti menggunakan listrik.  Penggunaan daya listrik untuk menunjang kegiatan sehari-hari membuat konsumsi listrik seakan bukan hal yang perlu diperhatikan. Padahal, banyaknya alat atau perangkat elektronik yang digunakan sehari-hari bisa menjadikan penggunaan daya listrik semakin tinggi.

Walaupun terlihat sederhana, namun ternyata banyak konsumsi listrik yang tidak kita sadari sering membuat banyak orang mengeluh uangnya habis di tengah bulan. Apalagi bagi rumah yang listriknya sudah menggunakan token pra bayar. Jika tidak bisa membeli token, maka listrik tidak bisa digunakan. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk memahami cara menghemat listrik agar nantinya tidak akan kewalahan ketika listrik mati dan gaji pun sudah menipis. 

Ganti Lampu Biasa ke Lampu LED

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah mengganti lampu biasa dengan lampu LED. Walaupun harganya lebih mahal dibandingkan lampu biasa, namun lampu LED 7 watt merek tertentu setara dengan bohlam 60 watt. Bahkan saat ini sudah tersedia lampu LED yang dilengkapi dengan teknologi pengoperasian nirkabel yang dapat kamu aktifkan sesuai pengaturan yang diinginkan.

Sehingga, walaupun harus merogoh kocek lebih di awal, namun kamu bisa mendapatkan pencahayaan terang dengan konsumsi listrik yang lebih hemat dibandingkan lampu biasa.

Nyalakan Lampu Seperlunya

Menyalakan lampu sepanjang hari meski tidak dibutuhkan sering menjadi kebiasaan banyak orang dan tanpa  disadari membuat konsumsi listrik meningkat. Selain konsumsi listrik meningkat, membiarkan lampu terus menyala ketika tidak dibutuhkan juga membuat listrik terbuang percuma. Jadi, cara menghemat listrik kedua yang bisa kamu lakukan adalah dengan memulai kebiasaan mematikan lampu utama maupun lampu tambahan setiap kali ruangan tersebut tidak digunakan, khususnya pada jangka waktu yang lama.

Jangan Lupa Cabut Kabel dari Stop Kontak

Seringkali orang lupa dan tidak sadar membiarkan kabel dari alat atau perangkat elektronik tetap terhubung pada stop kontak ketika tidak digunakan. Walaupun sedang tidak digunakan, ternyata kabel yang terhubung pada stop kontak seperti kabel charger tetap mengalirkan arus listrik. Sehingga bisa membuat daya listrik tetap tergunakan secara percuma. Jadi, mulai biasakan untuk mencabut kabel dari stop kontak ketika sedang tidak digunakan agar listrik lebih hemat.

Atur Penggunaan Elektronik dengan Daya Listrik Besar

Coba perhatikan berapa banyak alat elektronik di rumahmu yang butuh  daya listrik besar untuk pengoperasiannya seperti pendingin ruangan, penanak nasi, hingga mesin cuci. Besarnya daya listrik yang dibutuhkan setiap alat elektronik perlu kamu perhatikan agar kamu lebih bijak dalam mengatur penggunaannya sesuai kebutuhan.

Jangan Biarkan Elektronik Menyala Ketika Tidak Digunakan

Kebiasaan membiarkan alat elektronik seperti televisi tetap menyala ketika tidak digunakan juga sering membuat penggunaan daya listrik lebih tinggi dari yang dibutuhkan. Walaupun kebiasaan tersebut terlihat tidak begitu berpengaruh pada penggunaan listrik secara signifikan, namun jika sering dilakukan bisa  membuat tagihan meningkat.

Atur Ventilasi untuk Sirkulasi yang Lebih Baik

Mengatur ventilasi udara agar sirkulasi udara ruangan lebih baik juga bisa menjadi salah satu cara menghemat listrik. Dengan mengatur ventilasi udara dan memastikan sirkulasi udara ruangan lebih baik dapat mengurangi penggunaan pendingin ruangan. Sehingga kamu tidak hanya dapat menghemat penggunaan listrik sesuai kebutuhan, namun juga membuat tempat tinggal kamu menjadi lebih sehat dengan sirkulasi udara yang lebih baik.

Mulai Kebiasaan Hemat Listrik Secara Bersama

Agar hasil penghematan listrik menjadi lebih maksimal, terapkan kebiasaan ini  bersama seluruh anggota keluarga maupun orang lain yang tinggal bersama dalam satu atap. Sehingga, selain dapat memaksimalkan penghematan penggunaan listrik, kamu juga bisa  menjaga kondisi alat elektronik yang digunakan agar tetap terawat.

Nah, itulah beberapa cara menghemat listrik yang bisa kamu lakukan di rumah atau di tempat tinggalmu. Sehingga nantinya kamu pun tidak akan ada lagi kejadian token listrik berbunyi di tengah bulan dan tidak ada dana untuk membeli token.

Jika kondisi tersebut sedang terjadi dan kamu alami, maka hindari untuk meminjam dana ke pinjol. Namun, kamu bisa memanfaatkan aplikasi KINI.id. Dengan aplikasi KINI.id, kamu bisa dengan mudah mencairkan gaji secara fleksibel, kapan dan di mana saja, sesuai dengan kebutuhan kamu.